ADHD

Istilah menarik yang baru aku tahu dari salah satu teman jurusan kedokteran. Berawal dari rasa penasaranku dg murid yang baru aku ajar sekitar 2 mingguan ini. Tawaran dadakan ngajar anak TK benar2 sudah ku hindari. Semenjak libur lebaran aku berulang kali bilang ke ibu "ngajar apapun mau asal bukan anak TK atau PAUD". Aku akui, aku ga sesabar ibu yg dulu pernah ngajar TK bertahun2. Aku gemes (gregetan) liat anak kecil yang nyuekin kita kalo lagi kita ajak ngobrol, atau tiba-tiba nangis tanpa sebab. Kita kan jadi ngerasa bersalah.

Tapi entahlah mungkin Allah memang nyuruh buat belajar. Bbrp minggu lalu dapet tawaran ngajar anak TK. Slalu, lagi-lagi kelemahanku adalah menolak tawaran. Aku slalu tidak enak menolak tawaran mengajar. Rasa-rasanya kaya aku menolak buat berbagi. Akhirnya tawaran aku terima karena memang via telfon, jadi keputusan harus diambil cepat2. Lagi pula tempatnya dekat, seminggu 2 kali dan tiap pertemuan cuman satu jam. Tidak bakal nganggu skripsi kok. Batinku waktu itu.

Pertama kali ngesave nomor mamanya biar muncul di WA. Akhirnya pas banget pertama kali liat muka si dedek aku merasa ada yang berbeda. Tapi perasaan itu aku buang jauh-jauh. Harus positive thinking. Akhirnya ketemulah sama di adek. Adeknya berkulit putih. Bahkan kalo tanganku jejer sama tangan dia berasa aku kaya tanah liat. Wkwk

Pertemuan pertama dimulai. First impression bikin aku bener2 nyerah buat ngajar. Karena dia hiperaktif. Lack of focus banget. Matanya ga liat apa yang aku tunjuk. Dia emang cerdas sebenernya, kehidupannya juga uda nerapin dua bahasa. Bahasa inggrisnya jago. Jadi kalo ngajar aku juga keikutan 'sok nginggris'. Haha pdhl juga toefl ga nyampe 500. Tapi its okelah yg penting practice juga walaupun just a little bit.

Hikmahnya dia bikin aku sering nyebut walaupun dalam hati. Bikin suka nepuk2 dada biar tetep kuat. Sejamnya emang ga kerasa tapi aku juga ga mau makan gaji buta. Aku gamau dibayar tapi anaknya tetep gabisa baca. Alhasil karena pertemuan pertama semacam pretest buat nguji dia seberapa tau dan hafal dia dengan huruf2 dan seberapa cepat dia melafalkannya. Akhirnya aku menyimpulkan bahwa dari 26 huruf yang benar benar lancar sepertiganya. Sangat kurang dari setengah. Dari situ aku mikir keras gimana cara ini anak bisa baca, sedangkan attention ke akunya aja kurang banget. Dia ga ngeliat apa yang aku tunjuk. Kalo aku nyuruh dia attention ke aku dianya slalu bilang "oke oke miss". Ah bener bener susah. 5 menit duduk, 5 menit loncat2, 5 menit lagi gulung2. Apa kata omanya nanti kalo liat dianya begitu pdhl lagi 'belajar'. Gamau lah dibilang aku keliatan ga profesional. Walaupun sebenernya juga engga. Huhu

Akhirnya, biar dia cepet inget. Kubelikanlah dia poster gede ABC yang hurufnya timbul dan ada gambar2nya. Misal 'a' for apple. O for octopus dll. Lumayan buat dia semangat hafalin huruf2nya. Tapi lagi lagi ini tantangan buatku. Aku harus bikin dia bisa baca. Menurutku ini benar2 membawa manfaat buat dia kedepan walau ini sebatas 'ngajarin baca'. Kita tak pernah tahu amal apa yang bisa menyelamatkan kita dari api neraka bukan?

Setelah bbrp pertemuan akhirnya aku mulai tau sisi2 dia gimana dia bisa ngedengerin instruksi aku. Dari sini aku belajar. Mendengar itu bener2 penting. Karena tahap pembelajaran kita dimulai dengan mendengar. Sejak bayi kita bisa bicara juga karena mendengar. Alhamdulillah ala kulli hal Allah. Selain itu, aku mulai curiga jangan jangan dia begini memang karena ada dari fisiologis tubuhnya yang emang gitu. Entah saraf, mental atau apalah.

Akhirnya, curhatnya aku ke temenku. Setelah aku jelasin tanda2 si anak. Dia bilang "ADHD kali mbak". Aku langsung bertanya2lah ttg ADHD itu selain juga karena aku penasaran dan kasihan. Setelah aku googling. Ternyata symptomsnya bener2 mirip dengan adek yang aku ajar. Aku bener2 yakin tapi masa iya. Aku juga ga tega dan tentunya ga berani tanya2 ke ortunya. Ini terlalu sensitif. Tapi kalo g segera 'ngeh' takut kasihan juga dia kedepannya.

Bener bener baru kali ini ngajarku banyak tantangan. Pengen rasanya berhenti. Cape ngajarin anak yang antara 'a' sama 'p' slalu ketuker terus. Padahal 'a' itu huruf vokal yang tentunya dia eksis, sering muncul. Semacam primadonalah. Tapi masih harus diulang2.
Ya robb. Meskipun dia berdoa dengan mengepal tangan, dan aku menengadah, itu takkan membuat doaku padanya tak sampai bukan? Kabulkanlah Allah duhai dzat yang maha kaya atas segala sesuatu, termasuk ilmu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

seperti anak kecil

Tentang Larangan

No Body but You